Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pembuatan Kompos Alamai tanpa Bahan Kimia

Hallo! kalo ini saya akan membahas tentang proses pembuatan kompos alamai tanpa bahan kimia. Kompos ini dijamin alami dan tidak merusak lingkungan.

Harga pupuk kimia dipasaran tergolong cukup mahal. Oleh karena itu, membuat kompos organik sendiri menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain mudah dibuat, proses pembuatan kompos organik hanya membutuhkan samapah organik sebagai bahan baku utamanya.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai kompos organik salah satunya dengan membaca artikel Proses Pembuatan Kompos dari Sampah Organik yang Simpel dan Praktis

Proses Pembuatan Kompos Alamai tanpa Bahan Kimia

Baerikut ini proses pembuatan kompos alamai tanpa bahan kimia :

  1. Pertama, Cacahlah sampah organik yang akan digunakan sebagai bahan kompos. Sampah organik ubisa berupa sisa makanan, buah-buahan, sayuran, daun-daunan, dan smpah sejenisnya. Jika ingin lebih praktis dalam proses pencacahan anda dapat menggunakan Mesin Pencacah Kompos
  2. Setelah itu, galilah tanah sampai sedalam 1 meter. Hal yang harus diperhatikan adalah ketika Anda memiliki sumur, maka sebisa mungkin berikan jarak minimal 10 meter. Anda harus melakukannya agar nantinya air sumur tidak terkontaminasi dengan bahan pupuk kompos yang Anda buat.
  3. Setelah anda selesai menggali, maka Anda bisa langsung mulai mengisi tanah galian tersebut dengan menggunakan sampah organik yang telah dicacah sebelumnya. Isilah lubang dengan sampah organik hingga memenuhi lebih dari 2/3 ketinggian lubang.
  4. Selanjutnya, Anda dapat  menutup lubang yang berisi sampah organik tadi dengan memasukkan tanah hingga lubangnya terisi penuh. Ini dilakukan untuk meredam bau menyengat yang ditimbulkan oleh sampah organik.
  5. Diamkan bahan kompos agar membusuk selama 3 bulan.
  6. Setelah 3 bulan, Anda bisa menggali kembali lubang tersebut. Hasil galian bahan kompos tersebut sudah siap digunakan sebagai pupuk kompos. 
  7. Sedangkan untuk bekas lubang pengomposan, bisa anda gunakan kembali untuk membuat pupuk kompos dengan cara yang sama persis dengan langkah-langkah diatas.

Gimana gampangkan? anda bisa membuat kompos organik sidiri maupun berkelompok. Jika berkelompok tentunya hasilnya akan jauh lebih banyak.

Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Proses Pembuatan Kompos Alamai tanpa Bahan Kimia"