Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Humus tanpa Bahan Kimia

Hallo! Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat humus tanpa bahan kimia. Bahan baku pembuatannya dijamin 100% alami.

Humus sangat cocok untuk dijadikan media tanam bgi tanaman baru. Selain itu , humus juga dapat kita gunakan sebagai pupuk untuk menambah kesuburan tanaman.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Siapkan alat dan bahan yang akam kita gunakan, antara lain :

  • 1 Karung bekas
  • 1 Tong
  • 1 Pisau
  • 1 kg Batang Pisang bagian dalam
  • 0.5 kg Daun Pisang
  • 0.2 kg Gula
  • 3 liter air

Cara Membuat Humus tanpa Bahan Kimia

Berikut ini langkah-langkah pembuatan humus tanpa bahan kimia :

  1. Campurkam gula dengan air dalam tong yang telah dipersiapkan, kemudian aduk hingga gula larut dalam air sampai merata.
  2. Batang pohon yang telah anda siapkan pisang dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan ke karung.
  3. Selanjutnya cacah daun pisang menjadi kecil-kecil. Jika anda mengalami kesulitan dalam mencacah sampah organik ada bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.
  4. Masukan cacahan daun pisang kedalam karung.
  5. Setelah itu, masukkan karung berisi potongan daun dan batang pisang ke dalam tong berisi campuran gula dan air. Pastikan karung berisi potongan danun pisang terendam seluruhnya.
  6. Tong berisi daun dan batang pisang tadi ditutup rapat-rapat, lalu letakkan di tempat teduh atau yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  7. Biarkan sekitar 10 hari. Tong harus dibuka sekali dalam sehari dan mengaduknya untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan-bahan hums tersebut. Setelah itu, tong ditutup rapat kembali.
  8. Untuk mengetahui humus sudah matang atau berhasil, melalui bau adonan. Jika adonan tersebut mengeluarkan aroma wangi seperti tape, berarti adonan humus sudah matang dan siap untuk digunakan.
  9. Tetapi, jika adonan mengeluarkan bau busuk, berarti proses pembuatan humus gagal dan harus dibuang.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai tanah humus salah satunya dengan membaca artikel Cara Membuat Humus yang Mudah dan Dapat Dibuat di Rumah

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat humus tanpa bahan kimia. Semoga bermanfaat bagi anda.

Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Humus tanpa Bahan Kimia"