Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kompos Organik Cair dari Nasi Basi

Hallo! Kali ini saya akan membagikan cara membuat kompos organik cair dari nasi basi. Cara ini cocok buat anda yang sedang membutuhkan kompos organik untuk tanaman anda.

Dengan menggunakan kompos organik cair ini, tanaman dan tanah yang ada di pekarangan rumah atau kebun anda akan memiliki texture lebih gembur dan dapat menghindarkan tanaman anda dari berbagai macam hama mematikan.

Tak hanya itu, harga kompos organik cair dari nasi basi ini harganya terbilang cukup tinggi dengan permintaan yang lumayan banyak pula, sehingga jika anda membuat nya sendiri maka akan sangat menguntungkan.

Langsung saja Ikuti cara membuat komposnya di bawah ini!

Cara Membuat Kompos Organik Cair dari Nasi Basi

cara membuat kompos organik cair dari nasi basi
Cara membuatnya sangatlah sangatlah mudah! Pertama tama, siapkan dahulu Peralatan dan barang-barang berikut :

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Nasi basi
  • Gula pasir
  • Air

Peralatan yang Digunakan 

  • Wadah berukuran sedang
  • Botol plastik 
  • Sarung tangan karet
  • tongkat kayu kecil


Langkah-langkah untuk Membuat Kompos Organik dari Nasi Basi

  1. Pertama, dengan memakai sarung tangan mulailah dengan membuat bola bola dari nasi basi yang masih belum ditumbuhi jamur. Buatlah sekitar 4 hingga 5 bola.
  2. Simpan bola-bola nasi basi yang telah anda buat tadi di dalam wadah lalu tutup hingga rapat. Tunggu sekitar 7 hari hingga nasi basi tersebut ditumbuhi jamur. Pastikan untuk menyimpan wadah yang berisi bola-bola nasi basi tersebut di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung dan guyuran air hujan.
  3. Setelah bola-bola nasi basi sudah berubah menjadi kuning kecoklatan, pindahkan ke dalam botol plastik yang ber kapasitas 2 liter. Lalu simpan.
  4. Selanjutnya, ambil gula pasir dan larutkan dengan air yang telah anda persiapkan sebelumnya, dengan perbandingan 1,5 liter : 5 sendok gula pasir. Gula ini digunakan sebagai sumber makanan bagi jamur agar bisa tumbuh.
  5. Tuangkan larutan gula dan air tersebut ke dalam botol plastik yang sudah berisi bola nasi basi lalu tutup kembali hingga rapat.
  6. Tunggu 4 hingga 5 hari. Apabila bahan kompos organik tersebut sudah mengendap, buka botol plastik untuk mengeluarkan gas kompos cair yang ada di dalamnya.
  7. Tutup kembali dan kocok botol plastik tersebut agar nasi basi dan larutan gula tercampur sampai rata. Langkah ini dapat anda lakukan dengan botol tertutup maupun terbuka dengan cara mengaduknya menggunakan tongkat kayu kecil.
  8. Simpan kembali botol plastik pada ruangan yang tidak terkena sinar matahari sampai kompos organik cair berbau seperti tapai.
  9. Ketika kompos organik sudah berbau, saringlah ampasnya.
  10. Kompos organik cair dari nasi basi sudah siap digunakan.

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat kompos organik dari nasi basi. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Selamt mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kompos Organik Cair dari Nasi Basi"